• +62 711 354222

Program Studi Teknik Kimia

Gelar :Magister Teknik (M.T)

Ketua Program Studi :
Hj. Tuty Emilia Agustina,ST, MT, PhD

Download Leaflet : Leaflet

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 

LATAR BELAKANG

Atmosfer perindusrian dan perekonomian yang diharapkan semakin kondusif memacu kinerja setiap unsur bangsa untuk lebih meningkatkan produktivitas agar tercapainya cita – cita pembangunan nasional demi berlangsungnya pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Hal ini berlangsung dengan baik apabila semua segmen yang berhubungan saling menunjang dan menguntungkan satu sama lain. Di satu sisi pembangunan untuk meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian melalui sektor perindustrian yang notabene harus memanfaatkan segenap sumber daya nasional secara maksimal, di sisi lain kegiatan pembangunan ini mempunyai nilai negatif karena pengeksploitasian sumber daya nasional mengakibatkan turunnya kualitas dan kuantitas, eksistensi energi dan lingkungan sebagai motor penggerak kegiatan pembangunan sehingga jaminan untuk berlangsungnya kehidupan yang

lebih baik di masa datang agaknya sulit direalisasikan.

Saat ini peranan pemerintah sangat diharapkan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang berkaitan erat dengan dampak pengeksploitasian energi dan lingkungan terhadap kepentingan rakyat melalui sektor pendidikan khususnya pendidikan cenderung ditingkatkan terlebih lagi pendidikan tinggi yang berorientasi dan berkaitan dengan permasalahan eksistensi

sumber daya energi, lingkungan dan petrokimia.

Berangkat dari hal diatas maka diperlukan proses untuk melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan dan peningkatan mutu penelitian, pengkajian serta pengembangan masalah – masalah di bidang energi dan lingkungan diperlukan suatu wawasan keilmuan yang lebih mengarah kepada “philosophy of thinking” dan “philosophy of science” yang menuntut pendekatan ilmiah ke jenjang strata dua (S2) dan strata (S3). Untuk itu maka Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya membuka Program Studi Teknik Kimia Bahan Kajian Utama TEKNOLOGI ENERGI, TEKNOLOGI LINGKUNGAN dan TEKNOLOGI PETROKIMIA.

 

V I S I

Menjadikan Program Studi Magister Teknik Kimia Universitas Sriwijaya terkemuka berbasis riset yang unggul dalam memiliki, menguasai, dan mengembangkan keahlian di bidang teknik kimia pada tahun 2020.

 

M I S I

  1. Menghasilkan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, yang menguasai IPTEKS dalam bidang teknik kimia serta mampu mempergunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.
  2. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi bidang keteknikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan senantiasa meningkatkan pemerataan dan perluasan akses, mutu, relevansi dan daya saing serta good governance, akuntabilitas dan pencitraan publik.
  3. Berperan serta aktif dalam penelitian bidang keteknikan untuk menghasilkan pendekatan pemecahan masalah nasional dan global melalui kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lain dan lembaga riset terkemuka di dalam dan luar negeri
  4. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Melaksanakan suatu pendidikan dan pengajaran serta penelitian yang berorientasi kepada produksi energi dan konservasi energi yang nantinya akan dipalikasikan untuk pembangunan dan menyiapkan suatu teknologi yang mampu untuk meminimisasi dampak negatif kegiatan pembangunan pada lingkungan, sehingga dampak yang berupa bahan pencemar (limbah) yang berpotensi untuk merusak ekosistem dan lingkungan dapat diatasi.

 

Tujuan

 

Program Studi Magister Teknik Kimia diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang :

  1. Mampu merancang, menghasilkan dan mengembangkan teknologi di bidang teknik kimia yang berwawasan lingkungan.
  2. Mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang teknik kimia untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
  3. Tanggap terhadap perubahan, kemajuan dan perkembangan teknologi.
  4. Kreatif dan progresif dalam analisis untuk sintesis/penciptaan teknologi baru di bidang teknik kimia.

 

Tenaga Pengajar Tetap

 

  1. Prof. Ir. H. Machmud Hasjim, M.M.E
  2. Prof. Dr. Ir. H.M. Taufik Toha, DEA
  3. Prof. Dr. Ir. H.M. Said, M.Sc
  4. Prof. Dr. Ir .Eddy Ibrahim, MS
  5. Prof. Ir. Subriyer Nasir, MS, PhD
  6. Prof. Dr. Ir. H. M. Djoni Bustan, M.Eng
  7. Prof. Dr. Ir. Riman Sipahutar, M.Sc
  8. Dr. Ir. Hj. Sri Haryati, DEA
  9. Dr. Ir. H. Muhammad Faizal, DEA
  10. Dr. Ir. Hj. Susila Arita, DEA
  11. Dr. Ir. Hj. Tri Kurnia Dewi, M.Sc
  12. Dr. Ir. H. M. Hatta Dahlan, M.Eng
  13. Dr. Novia, ST, MT
  14. Dr. Elda Melwita, ST, MT
  15. Dr. Leily Nurul Komariah, ST, MT
  16. Dr. rer.nat. Risfidian Mohadi, M.Si
  17. Hermansyah, M.Si, Ph.D