• +62 711 354222

ILMU MIPA

PRODI ILMU PERTANIAN

Gelar : Doktor (DR)

Ketua Program Studi : DR. Dedi Setiabudidaya , M.Si

Download : Leaflet

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


V I S I

Menjadi Program Doktor Ilmu MIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam riset bidang energi, lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam serta menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional dan bermartabat.

M I S I

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor Ilmu MIPA yang menghasilkan lulusan yang mampu menguasai filsafat keilmuan MIPA serta mampu menerapkan teori disiplin lain yang relevan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Ilmu MIPA untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan energi, lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

 

T U J U A N

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan program pascasarjana berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang memiliki prilaku, sikap mental, etika profesi, pengetahuan, ketrampilan, kreativitas, dan kepemimpinan yang unggul, serta bijaksana dalam menyelesaikan masalah.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian yang bertaraf internasional dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan layanan dalam mendukung mutu program studi sebagai bagian dari universitas riset.

 

Kompetisi Lulusan :

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan metodologi ilmu MIPA yang menjadi spesialisasinya atau praktek profesionalnya melalui riset eksperimen, deduktif teoritis, atau komputasi simulatif yang inovatif melalui pendekatan secara interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin dengan menghasilkan karya ilmiah bidang ilmu MIPA yang teruji dan orisinal.
  2. Mampu memecahkan permasalahan IPTEKS atau permasalahan ilmu MIPA yang kompleks dengan memunculkan solusi terkini melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin atau transdisiplin baik melalui riset dan pengembangan maupun pendekatan ilmiah secara analisis dan sintesis.
  3. Menguasai filsafat ilmu pengetahuan MIPA, teori fenomologis klasik, perkembangan teori ilmu MIPA termaju dan terkini serta penerapan teori disiplin lain yang relevan.

 

KURIKULUM PENDIDIKAN PROGRAM DOKTOR (S3) ILMU MIPA

 

Semester

Mata Kuliah

Kode

SKS

I

Filsafat Ilmu

MIP 70114

2

Metodologi Penelitian

MIP 70214

2

Komputasi Sains

MIP 70314

2

Penulisan Karya Tulis dan Etika Ilmiah

MIP 70414

2

Topik Khusus

MIP 70514

2

II

Mata Kuliah Penunjang Disertasi

MIP 70614

2

Proposal Disertasi

MIP 70714

4

Seminar Proposal Disertasi

MIP 70814

2

Ujian Kualifikasi Kandidat Doktor

MIP 70914

1

III

Seminar dan Laporan Kemajuan I

MIP 80114

6

Seminar Internasional

MIP 80214

5

IV

Seminar dan Laporan Kemajuan II

MIP 80314

6

Karya Ilmiah Internasional I

MIP 80414

10

V

Seminar dan Laporan Kemajuan III

MIP 80514

6

Karya Ilmiah Internasional II

MIP 80614

10

VI

Seminar Hasil

MIP 80714

2

Disertasi dan Ujian Tertutup

MIP 88814

8

Ujian Promosi

MIP 89814

-

 

 

 

TOTAL sks

 

72

 

Mahasiswa yang tidak sebidang (di luar bidang Ilmu MIPA) diharuskan mengikuti matrikulasi selama satu semester setara dengan 12 sks yang terdiri dari mata kuliah Matematika Dasar, Fisika Dasar, Kimia Dasar dan Biologi Dasar yang masing-masing berbobot 3 sks.

 

SINOPSIS MATA KULIAHPENDIDIKAN PROGRAM DOKTOR (S3) ILMU MIPA

 

A. KEGIATAN PERKULIAHAN

12 SKS

 

 

MIP 70114 Filsafat Ilmu2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan profesor dan timnya, mahasiswa mendiskusikan perkembangan filsafat ilmu terkini.Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami secara mandiri filsafat ilmu yang lebih spesifik yang terkait dengan topik penelitian disertasinya.

MIP 70214 Metodologi Penelitian2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan profesor dan timnya, mahasiswa mendiskusikan perkembangan metodologi penelitian yang berkaitan dengan KKNI level 9. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami secara mandiri metodologi penelitian yang lebih spesifik yang terkait dengan topik penelitian disertasinya dan menuangkannya dalam proposal penelitiannya.

MIP 70314 Komputasi Sains2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan profesor dan timnya, mahasiswa mendiskusikan perkembangan hal-hal yang terkait dengan komputasi sains terkini.Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami secara mandiri komputasi sains yang lebih spesifik yang terkait dengan topik penelitian disertasinya dan menuangkannya dalam proposal penelitiannya serta menggunakannnya dalam menganalisis dan menginterpretasi data hasil penelitiannya.

MIP 70414 Penulisan Karya Tulis dan Etika Ilmiah2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan profesor dan timnya, mahasiswa mendiskusikan perkembangan terbaru tehnik penulisan karya tulis ilmiah dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan etika ilmiah. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami secara mandiri tehnik dan gaya penulisan yang lebih spesifik yang terkait dengan topik penelitian disertasinya dan menggunakannnya di dalam setiap penulisan karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa.

MIP 70514 Topik Khusus2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan profesor dan timnya, mahasiswa mendiskusikan keunggulan dan kekhasan Universitas Sriwijaya yang terkait dengan kondisi regional daerah Sumatera Selatan dan perkembangan terkini Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Sriwijaya. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami dan menemukan secara mandiri peluang-peluang yang mungkin yang berkaitan dengan aspek keaslian dan keterbaruan topik penelitian disertasinya.

MIP 70614 Mata Kuliah Penunjang Disertasi2 sks

Di bawah arahan dan bimbingan tim promotornya, mahasiswa mendiskusikan artikel-artikel terbaru dan terkini yang berkaitan dengan topik penelitiannya, khususnya mengenai aspek teori dasarnya dan aspek metodologinya. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu untuk mendalami dan menemukan secara mandiri aspek keaslian dan keterbaruan topik penelitian disertasinya.

 

B. KEGIATAN PENULISAN DAN PENELITIAN DISERTASI

60 SKS

 

MIP 70714 Proposal Disertasi4 sks

Proposal Disertasi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa yang dikembangkan dari sinopsis penelitian yang ditulis mahasiswa sewaktu mendaftar dan telah diperkaya dengan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan perkuliahan dan arahan dari tim promotor.

MIP 70814 Seminar Proposal Disertasi2 sks

Pembahasan rencana penelitian ditinjau dari aspek pendalaman materi dan metoda serta keluaran yang akan dihasilkan dari penelitian. Hasil penelitian diperkirakan layak untuk dipublikasikan baik di seminar maupun jurnal internasional bereputasi. Presentasi oleh mahasiswa dan pembahasan oleh tim pembahas yang terdiri dari tim promotor dan beberapa dosen bergelar doktor yang memiliki keahlian relevan dengan topik penelitian disertasi.

MIP 70914 Ujian Kualifikasi Kandidat Doktor1 sks

Ujian Kualifikasi Kandidat Doktor (UKKD) merupakan ujian komprehensif kandidat doktor yang dilaksanakan setelah menyelesaikan kegiatan perkuliahan dengan nilai baik dan telah melaksanakan Seminar Proposal Disertasi.Penguji UKKD adalah para profesor pengajar mata kuliah, promotor dan ko-promotor.UKKD bersifat tertutup dan hanya dapat dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali.

MIP 80114 Seminar dan Laporan Kemajuan I6 sks

Seminar Kemajuan I dapat dilaksanakan apabila mahasiswa telah menyusun Laporan kemajuan I dan telah menerima rekomendasi tim promotor untuk melaksanakan seminar.Laporan kemajuanmemuat hasil penelitian yang telah dinilai layak oleh tim promotor untuk dipresentasikan di seminar internasional. Presentasi seminar kemajuan dilakukan oleh mahasiswa dan pembahasan oleh tim pembahas dengan susunan tim yang diharapkan sama sebagaimana susunan tim pada seminar proposal disertasi.

MIP 80214 Seminar Internasional5 sks

Hasil penelitian dipublikasikan dalam suatu seminar internasional oleh mahasiswa dengan menuliskan nama masing-masing tim promotor sebagai co-author. Jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan minimal 1 makalah.

 

MIP 80314 Seminar dan Laporan Kemajuan II6 sks

Seminar Kemajuan II dapat dilaksanakan apabila mahasiswa telah menyusun Laporan kemajuan II dan telah menerima rekomendasi tim promotor untuk melaksanakan seminar.Laporan kemajuan memuat hasil penelitian yang telah dinilai layak oleh tim promotor untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Presentasi seminar dilakukan oleh mahasiswa dan pembahasan oleh tim pembahas dengan susunan tim yang diharapkan sama sebagaimana susunan tim pada seminar kemajuan I.

MIP 80414 Karya Ilmiah Internasional I10 sks

Hasil penelitian dipublikasikan dalam suatu jurnal internasional bereputasi oleh mahasiswa dengan menuliskan nama masing-masing tim promotor sebagai co-author. Jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan minimal 1 artikel.

MIP 80514 Seminar dan Laporan Kemajuan III6 sks

Seminar kemajuan III dapat dilaksanakan apabila mahasiswa telah menyusun laporan kemajuan III dan telah menerima rekomendasi tim promotor untuk melaksanakan seminar.Laporan kemajuanmemuat hasil penelitian yang telah dinilai layak oleh tim promotor untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Presentasi seminar dilakukan oleh mahasiswa dan pembahasan oleh tim pembahas dengan susunan tim yang diharapkan sama sebagaimana susunan tim pada seminar kemajuan II.

MIP 80614 Karya Ilmiah Internasional II10 sks

Hasil penelitian dipublikasikan dalam suatu jurnal internasional bereputasi oleh mahasiswa dengan menuliskan nama masing-masing tim promotor sebagai co-author. Jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan minimal 1 artikel.

MIP 80714 Seminar Hasil2 sks

Seminar hasil dapat dilaksanakan apabila mahasiswa telah menyusun draft disertasi dan telah menerima rekomendasi tim promotor untuk melaksanakan seminar.Presentasi oleh mahasiswa dan pembahasan oleh tim pembahas dengan susunan tim yang diharapkan sama sebagaimana susunan tim pada seminar kemajuan III dengan tambahan 1 (satu) orang pembahas ahli dari luar Universitas Sriwijaya yang memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku.

 

MIP 88814 Disertasi dan Ujian Tertutup8 sks

Disertasi merupakan hasil karya tulis ilmiah mahasiswa program doktor yang disusun berdasarkan hasil penelitian dan mengandung temuan baru yang keasliannya dapat dipertanggung-jawabkan.Karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan oleh mahasiswa sebelumnya harus dijadikan sebagai bahan rujukan di dalam penulisan disertasi ini.Pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap isi disertasi dan materi lainnya yang berkaitan dengan isi disertasi dievaluasi dalam suatu ujian tertutup. Susunan tim penguji diharapkan sama dengan tim pembahas pada seminar hasil. Ujian tertutup hanya dapat dilakukan setelah mahasiswa memenuhi semua persyaratan administratif dan akademis yang telah ditentukan.

 

MIP 89814 Ujian Promosi0 sks

Ujian Promosi dilaksanakan untuk menyatakan secara terbuka bahwa mahasiswa telah lulus dan layak dipromosikan untuk menyandang gelar doktor dalam bidang Ilmu MIPA. Ujian Promosi dipimpin oleh Rektor atau pejabat lainnya yang ditunjuk untuk itu.

 

Profesor Pengajar Mata Kuliah Semester I:

  1. Prof. Dr. ZulkifliDahlan, M.Si. DEA.
  2. Prof. Dr. Hilda Zulkifli, M.Si. DEA.
  3. Prof. Dr. Ir. Daniel Saputra, MSAE.
  4. Prof. Dr. Ir. SitiHerlinda, M.Si.
  5. Prof. Dr. Ir. Robiyanto H.Susanto, M.Agr.Sc.
  6. Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp., M.Sc.
  7. Prof.Drs. TatangSuhery, M.A, PhD.
  8. Prof.Dr.Ir. Muhammad Said, M.Sc.
  9. Prof.Dr.Ir. Eddy Ibrahim, MS.

 

Promotor/ Ko-Promotor Semester II – VI(ber-home basedi FMIPA Unsri):

  1. Prof. Dr. ZulkifliDahlan, M.Si. DEA.
  2. Prof. Dr. Hilda Zulkifli, M.Si. DEA.
  3. Dr. Hary Widjajanti
  4. Dr. Salni
  5. Dr. Moh. Rasyid Ridho
  6. Dr. Munawar
  7. Dr. Zazili Hanafiah
  8. Dr. Indra Yustian
  9. Dr. Arum Setiawan
  10. Dr. Yuanita Windusari
  11. Dr. Marieska Verawaty
  12. Dr. Laila Hanum
  13. Dr. Poedji Loekitowati Hariani
  14. Dr. Bambang Yudono
  15. Dr. Muharni
  16. Dr. Elfita
  17. Dr. Miksusanti
  18. Dr. Heni Yohandini
  19. Dr. Aldes Lesbani
  20. Dr. Hermansyah
  21. Dr. Eliza
  22. Dr. Ferlina Hayati
  23. Dr. Suheryanto
  24. Dr. Nirwan Syarif
  25. Dr. Hasanudin
  26. Dr. Dedi Rohendi
  27. Dr. Risfidian Mohadi
  28. Dr. Dedi Setiabudidaya
  29. Dr. Azhar Kholiq Affandi
  30. Dr. Fitri Suryani Arsyad
  31. Dr. Akhmad Aminuddin Bama
  32. Dr. Supardi
  33. Dr. M. Yusup Nur Khakim
  34. Dr. Menik Ariani
  35. Dr. Fiber Monado
  36. Dr. Idha Royani
  37. Dr. Iskhaq Iskandar
  38. Dr. Yulia Resti
  39. Dr. Ngudiantoro
  40. Dr. Fauziyah
  41. Dr. Budi Untari
  42. Dr. Mardiyanto