• +62 711 354222

ILMU EKONOMI

PRODI ILMU EKONOMI

Gelar : Doktor (DR)

Ketua Program Studi : Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc.

Download : Leaflet

Izin Dikti : No. 154/D/O/2010


V I S I

Menjadikan Program Doktor Ilmu Ekonomi sebagai program pascasarjana yang terkemuka di Indonesia dalam bidang Ilmu Ekonomi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berguna dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

M I S I

  1. Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik yang unggul melalui penguasaan berbagai konsep teori dan metode mutakhir dalam Ilmu Ekonomi, sehingga mampu:
    • mengembangkan cakrawala berpikir secara luas dan komprehensif
    • menidentifikasikan problem dan menganalisisnya, serta memformulasikan temuan ke dalam wacana berfikir ilmiah yang berkualitas dan unggul.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang ekonomi baik untuk pengembangan ilmu maupun untuk menunjang pembangunan
  3. Menyebarluaskan informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang berkaitandengan pengembangan ilmudan teknologi kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional.

SK Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sriwijaya (Unsri) Tim promotor berkewajiban untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam penyelesaian dan penulisan proposal dan naskah disertasi.

Tim Penguji Proposal dan Disertasi terdiri dari Tim promotor 3 (tiga) orang dan tim penguji 5 (lima) orang. Tim penguji terdiri dari dosen berpendidikan strata 3 dan memiliki bidang yang sesuai dengan topik disertasi mahasiswa. Tim penguji ditentukan oleh Ketua Program Studi dan ditetapkan berdasarkan SK Dekan FE Unsri.

 

B K U

  1. Kekhususan Ekonomi Pembangunan Kawasan
  2. Kekhususan Ekonomi Industri dan Agribisnis
  3. Kekhususan Ekonomi SDM
  4. Kekhususan Akuntasi Keuangan
  5. Kekhususan Manajemen

 

Dosen, Promotor dan Ko-Promotor:

  1. Prof. Nurlina Tarmizi, M.S., Ph.D.
  2. Prof. Dr. Taufiq Marwa, M.Si.
  3. Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc.
  4. Prof. Syamsurijal, AK, Ph.D.
  5. Prof. Dr. Didik Susetyo, M.Si.
  6. Prof. Dr. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc.
  7. Siti Zainab Bakir, Ph.D.
  8. Dr. Azwardi, M.Si.
  9. Dr. Rosmiati Chodijah, M.Si.
  10. Bambang Bemby Subiyakto, M.A., Ph.D.
  11. Drs. Tatang A.M. Sariman, M.A., Ph.D.
  12. Dr. Suhel, M.Si

 

Ujian Proposal Disertasi

Ujian proposal disertasi dapat dilaksanakan setelah ada persetujuan dari Tim Promotor dan mahasiswa telah melaksanakan Kolokium. Setiap mahasiswa program Doktor berhak melaksanakan 2 (dua ) kali ujian proposal selama proses pendidikan.

Apabila mahasiswa dinyatakan gagal dalam ujian proposal yang pertama, maka dengan persetujuan tim promotor dan penguji dapat dilakukan ujian proposal yang kedua dengan topik yang sama. Apabila dalam ujian proposal yang kedua mahasiswa dinyatakan gagal kembali, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk merubah topik penelitian dan harus kembali ke proses awal penulisan proposal dan melewati tahapan kolokium.

 

Kolomium

Kolokium merupakan kegiatan wajib seorang mahasiswa melakukan paparan (presentasi) yang bertujuan untuk mengkaji kesahihan dan memantapkan metode dan atau pendekatan rencana penelitian secara langsung kepada publik serta untuk menerima saran dan kritik untuk kesempurnaan rencana penelitian dan hasil penelitian. Kolokium dilaksanakan dua (2) kali yaitu pertama sebelum pelaksanaan ujuan proposal dan kedua sebelum pelaksanaan ujian Naskah Disertasi. Kolokium dilaksanakan secara terbuka dan dapat dihadiri oleh umum selain tim Promotor.

 

Ujian Naskah Disertasi

Ujian Naskah Disertasi dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan draft disertasinya dan telah melaksanakan Kolokium serta telah disetujui oleh Tim promotor. Ujian Naskah Disertasi dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh Tim promotor dan Tim Penguji dan ditentukan berdasarkan SK Dekan FE. Ujian Naskah Disertasi akan dipimpin oleh Dekan FE/Ketua Program Studi dan dilaksanakan secara tertutup.

Dalam Ujian Naskah Disertasi, mahasiswa wajib menyampaikan hasil penelitian dan argumentasinya dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh Tim Penguji serta menampung kritik dan saran yang diberikan oleh Tim penguji. Ujian Naskah Disertasi dapat dilaksanakan selama dua (2) sampai dengan tiga (3) jam.

Apabila mahasiswa dinyatakan lulus Ujian Naskah Disertasi dan telah menyelesaikan perbaikan-perbaikan sebagaimana saran dan kritik yang diberikan oleh Tim Penguji dan telah disetujui oleh Tim promotor , maka yang bersangkutan berhak untuk melaksanakan Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh Tim Promotor dan Tim Penguji.

Apabila mahasiswa dinyatakan tidak lulus Ujian Naskah Disertasi, maka yang bersangkutan diberi waktu oleh Tim Promotor dan Tim Penguji untuk melakukan ujian Ulangan.

Apabila mahasiswa dinyatakan tidak lulus dalam ujian Ulangan Naskah Disertasi, maka yang bersangkutan akan diwajibkan untuk merubah topik penelitian dan harus mengulang proses penulisan dari proposal dengan Tim Promotor yang berbeda.

 

Ujian Disertasi/ Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor

Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor dilaksanakan setelah mahasiswa melaksanakan Ujian Naskah Disertasi dan telah mendapat persetujuan dari Tim promotor. Ujian ini dilaksanakan untuk menilai kemampuan calon Doktor dalam mempertahankan materi disertasinya dan kemampuan yang mencakup wawasan keilmuan yang lebih luas di hadapan Publik. Ujian Disertasi merupakan acara seremonial yang menyatakan secara terbuka bahwa mahasiswa telah layak untuk dipromosikan sebagai Doktor .

Jadwal pelaksanaan sesuai dengan waktu yang disepakati Tim promotor dan Tim Penguji dan ditentukan berdasarkan SK Dekan FE.

Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor akan dipimpin oleh Ketua Senat Universitas/Rektor Universitas Unsri atau pejabat yang ditunjuk dan dilakukan secara terbuka bagi civitas akademika Unsri dan pihak luar sesuai dengan undangan yang ditentukan oleh Dekan FE.

 

Syarat Kelulusan dan Predikat

Syarat kelulusan pendidikan Program Doktor Ilmu Ekonomi ditetapkan atas pemenuhan terhadap jumlah SKS yang disyaratkan dan Indeks Prestasi. Tidak memiliki nilai D. Predikat kelulusan diberikan berdasarkan perolehan IPK. Secara umum predikat kelulusan untuk program Doktor diatur oleh perguruan tinggi yang bersangkutan (SK Dirjen Dikti No: 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000). Universitas Sriwijaya telah menetapkan bahwa predikat kelulusan bagi lulusan Program Doktor adalah sebagai berikut:

SANGAT MEMUASKAN : IPK = 3,25 – 3,74

DENGAN PUJIAN (CUM LAUDE) : IPK = 3,75 – 4,00

Untuk kelulusan Cum Laude harus diselesaikan dengan masa tidak lebih dari 4 (empat) tahun , tanpa nilai C dan tidak pernah mengulang mata kuliah.

 

Publikasi

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi diwajibkan untuk membuat minimal 2 (dua) publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional yang berkualitas. Seluruh publikasi ditulis oleh mahasiswa dengan pengarahan dari Tim promotor.

 

Putus Studi (Drop-Out)

Mahasiswa Program Doktor (S3) dinyatakan putus studi apabila:

  1. Telah mendapat 3 kali peringatan terkait dengan IPK < 3,25 berdasarkan surat peringatan tertulis dari Dekan FE
  2. Tidak lulus ujian Kualifikasi Kandidat Doktor setelah menempuh maksimal tiga kali ujian kualifikasi untuk Mata Kuliah yang diwajibkan
  3. Tidak menyelesaikan studi/disertasi sampai berakhirnya masa studi mahasiswa tersebut.
  4. Melakukan pelanggaran akademik seperti plagiat, pemalsuan berkas akademik, tidak menyelesaikan kewajiban administrasi dan keuangan, pelanggaran kriminal di lingkungan kampus Universitas Sriwijaya dan perbuatan lain yang dianggap merugikan dan membahayakan Civitas Akademika Unsri.

Mahasiswa yang dinyatakan DO tidak dapat diterima kembali untuk menjadi mahasiswa di program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Sriwijaya.

KURIKULUM PENDIDIKAN PROGRAM DOKTOR (S3) ILMU EKONOMI

A. Kurikulum dengan latar belakang pendidikan S2 Ilmu Ekonomi

Semester

Mata Kuliah

Kode

SKS

I

1. Ekonomi Mikro Lanjutan

2. Ekonomi Makro Lanjutan

3. Filsafat Ilmu

4. Mata Kuliah Kekhususan I

EKO 70111

EKO 70211

EKO 70311

 

3

3

3

3

       

II

1. Ekonometrika Lanjutan

2. Metodologi Penelitian

3. Mata Kuliah Kekhususan II

EKO 70411

EKO 70511

3

3

3

III

Proposal

EKO 89111

6

IV, V dan VI

Disertasi

EKO 89211

28

TOTAL SKS

 

55

 

B. Kurikulum dengan latar belakang pendidikan S2 Non Ekonomi

Semester

Mata Kuliah

Kode

SKS

I

1. Ekonomi Mikro

2. Ekonomi Makro

3. Ekonometrika

4. Filsafat Ilmu

5. Mata Kuliah Prasyarat

EKP 50107

EKP 50207

EKP 50407

EKO 70311

3

3

3

3

II

1. Ekonomi Mikro Lanjutan

2. Ekonomi Makro Lanjutan

3. Mata Kuliah Kekhususan I

EKO 70111

EKO 70211

 

3

3

3

III

1. Ekonometrika Lanjutan

2. Metodologi Penelitian

3. Mata Kuliah Kekhususan II

EKO 70411

EKO 70511

3

3

3

IV

Proposal

EKO 89111

6

V, VI dan VII

Disertasi

EKO 89211

28

TOTAL SKS

 

67

 

Kekhususan

Kekhususan

Mata Kuliah

Kode

SKS

Ekonomi Pembangunan  Kawasan

Ekonomi Regional Lanjutan

Ekonomi Keuangan Daerah Lanjutan

EKP 70111

EKP 70211

3

3

Ekonomi Industri dan Agribisnis

Ekonomi Industri Lanjutan

Ekonomi Agribisnis Lanjutan

EKP 70311

EKP 70411

3

3

Ekonomi SDM

 

Ekonomi SDM Lanjutan

Analisa Pasar Kerja

EKP 70511

EKP 70611

3

3

Akuntansi Keuangan

Seminar Akuntansi Keuangan

Interdiciplinary and Special Topics in Accounting

EKA 70111

EKA 70211

3

3

Manajemen SDM

Teori Manajemen SDM

Topik Spesial

EKM 70211

EKM 70111

3

3

Manajemen Pemasaran

Teori Manajemen Pemasaran

Topik Spesial

EKM 70311

EKM 70111

3

3

Manajemen Keuangan

Teori Manajemen Keuangan

Topik Spesial

EKM 70411

EKM 70111

3

3

 

SINOPSIS MATA KULIAH

 

EKO 70111Ekonomi Mikro Lanjutan 3 sks

Pada mata kuliah ini ini materi utama yang dibahas adalah bagaimana penjelasan mengenai aktivitas pasar ekonomi atau sistem harga. Materi yang dicakup antara lain Pengambilan Keputusan Individu (Individual Decision Making) Teori Permainan (Game Theory), Keseimbangan dan Kegagalan Pasar (Market Equilibrium and Failure), Keseimbangan Umum (General Equilibrium), Ekonomi Kesejahteraan (Welfare Economics).

EKO70211Ekonomi Makro Lanjutan 3 sks

Materi ekonomi makro lanjutan (advanced) membahas tentang perkembangan pemikiran ekonomi makro (mainstream) menurut kajian teoritik, praktik dan implikasi empirik untuk kebijakan ekonomi di pasar barang, pasar uang, dan pasar tenaga kerja menuruk pemikiran-pemikiran Klassik, Keynesian, Neoklasik, NeoKeynesian, dan Monetaris. Penekanan analisis terletak pada permodelan ekonomi makro statik dan dinamik (static and dynamic macroeconomic modelling) untuk kebijakan ekonomi, kebijakan fiskal, dan kebijakan moneter serta implikasi model ekonomi makro internasional (open macroeconomics) yang mengintegrasikan semua pelaku ekonomi.

EK0 70311Filsafat Ilmu 3 sks

Materi ini menyajikan filosofi ilmu, terutama berkaitan dengan filsafat ilmu dan perkembangan pemikiran teori ekonomi dari masa ke masa yang mengupas aspek ontology, epystemology, dan axiology. Berbagai pemikiran yang berkaitan dengan sejarah, mashab, dan paradigma berkembangnya ilmu dan pengetahuan dikaji secara jelas. Pendalaman materi ini diwajibkan bagi mahasiswa doktoral untuk mengupas tuntas salah satu pemikiran teori ekonomi dengan pendekatan ketiga aspek filsafat ilmu tersebut.

EKO 70411Ekonometrika Lanjutan 3 sks

Pada mata kuliah ini dibahas mengenai teori regresi dengan menggunakan matriks : 1. Model Matematik dan Sifat dari Kesalahan (error term); 2. Distribusi dari α dan β; 3. Nilai rata-rata dan varian; 4. Teorema Gauss dan Markov ; 5. Tes Hipotesa; 6. Maximum Likelihood. Regresi Multiple. Variable Dummy. Analisis Covarian. Model Matematik Non Linier. Teori Korelasi Lanjut. Teori Generalized Least Square. Instrumental Variables.

 EKO 705011Metodologi Penelitian 3 sks

                    Mata kuliah memberikan pengertian dan pemahaman mengenai konsep dasar, langkah-langkah metode ilmiah, dan aplikasi metodologi penelitian ilmu ekonomi dalam kegiatan penelitian. Materi kuliah mencakup: proses menemukan fenomena yang melatarbelakangi perumusan masalah, tujuan, dan kegunaan penelitian; fungsi teori dan hipotesis dalam penelitian; operasionalisasi variabel penelitian, penentuan indikator dan pengukurannya; rancangan pengambilan sampel dan pengumpulan data; pengolahan, interpretasi dan analisis data sebagai bahan untuk penulisan laporan hasil penelitian, penyimpulan dan rekomendasi. Mahasiswa diharapkan mulai merencanakan penyusunan proposal penelitian untuk tesisnya pada waktu mengambil kuliah ini, dan dapat selesai pada waktu kuliah berakhir.

EKP 70111Ekonomi Regional Lanjutan 3 sks

Ekonomi Regional Lanjutan (advaced) membahas tentang konsep pemikiran lanjutan yang berkaitan dengan teori lokasi dan kontroversinya, serta kajian teori ekonomi regional dan aplikasinya dengan data empirik. Penguasaan materi difokuskan pada pembahasan perkembangan pemikiran teori ekonomi regional antara lain; location theory, spatial distribution of activities, spatial structure, regional specialization, regional & iterregional labor market analysis, regional & spatial econometric analysis, regional growth, dan regional economic policy yang lebih mendalam.

EKP 70211Ekonomi Keuangan Daerah Lanjutan 3 sks

Materi Ekonomi Keuangan Daerah Lanjutan (advanced) membahas tentang permodelan teori ekonomi mikro dan makro yang relevan dengan keuangan negara yang dikelola oleh pemerintah daerah. Kajian juga memfokuskan pada peran negara/daerah dalam penyediaan pelayanan publik (public goods and services) dengan menggunakan pendekatan normatif dan positif. Simulasi terhadap kombinasi pendekatan teoretik dan empirik akan memperkaya khasanah pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan sumber-sumber penerimaan dan belanja daerah serta implikasinya terhadap berbagai kebijakan publik.

EKP 70311Ekonomi Industri Lanjutan 3 sks

Materi utama yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah Organisasi Industri dan Game Theory. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mengembangkan kemampuan dan keahlian analisis yang diperlukan mahasiswa untuk mengaplikasikan teori ekonomi industri menjadi nyata. Materi yang dicakup antara lain pengembangan teori perusahaan, pengujian model di beberapa struktur pasar, perilaku strategi dan harga, regulasi pemerintah.

EKP 70411Ekonomi Agribisnis 3 sks

Sistem agribisnis, peranan dan organisasi agribisnis, manajemen dalam agribisnis, konsep model analisis ekonomi dan teknik untuk perencanaan, penilaian kelayakan, dan implementasi agroindustri serta perencanaan agroindustri yang berwawasan lingkungan.

EKP 70511Ekonomi Sumber Daya Manusia Lanjutan 3 sks

Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memperkuat pemahaman mereka dalam aspek teori maupun kemampuan untuk menggunakan dan mengembangkan peralatan ekonometrika dalam analisa permintaan, penawaran dan pemanfaatan sumber daya manusia.

EKP 70611Analisa Pasar Kerja 3 sks

Mata kuliah ini membahas analisa tahunan (jangka pendek) mengenai pemanfaatan tenaga kerja berdasarkan kualifikasi pendidikan/pelatihan si pekerja sebagai dasar untuk perencanaan dan pengembangan di bidang pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, baik secara nasional maupun daerah. Analisa pasar kerja secara berkala ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi perubahan dan perkembangan yang sangat cepat di bidang teknologi produksi.

EKA 70111Seminar Akuntansi 3 sks

Mata kuliah ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendalami isu-isu terkait dengan pelaporan keuangan, baik perusahaan privat maupun publik. Isu-isu mengenai pelaporan termasuk pengukuran pengakuan, penyajian, maupun pengungkapan dan relevansinya bagi stakeholder akan dibahs dalam bentuk seminar.

EKA 70211Interdiciplinary and Special Topics in Accounting 3 sks

Mata kuliah ini akan mengulas mengenai riset-riset di bidang akuntansi dengan berbagai pendekatan baik mainstream maupun non mainstream. Berbagai topik di akuntansi seperti social environmental accounting, islamic accounting, forensic accounting akan didalami di mata kuliah ini guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan akuntansi terkini.

EKM 70111Topik Spesial 3 sks

Mata kuliah ini merupakan implementasi pada saat mahasiswa ingin mengambil mata kuliah yang bersifat khusus untuk menunjang Disertasi.

EKM 70211Teori Manajemen SDM 3 sks

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman tentang Manajemen Sumber Daya Manusia dalam perusahaan, serta memberikan pemahaman perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan sumber daya manusia secara efektif dan efisien di perusahaan. Selain itu, mahasiswa mampu menerapkan metoda atau cara terbaik dan penguasaan teknologi dalam memecahkan masalah secara komprehensif di dunia usaha, memiliki wawasan yang berakar pada penguasaan teknologi informasi, manajemen dan kewirausahaan yang mengarah pada terbentuknya jiwa inovatif.

EKM 70311Teori Manajemen Pemasaran 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana aktivitas pemasaran dilaksanakan. Pokok bahasan yang disajikan pada mata kuliah ini meliputi teori-teori dasar pemasaran, analisis lingkungan, pesaing dan pelanggan, alat-alat pemasaran (produk, harga, saluran pemasaran, dan komunikasi pemasaran), aktivitas evaluasi dan monitoring. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman konseptual, teoritis dan praktis berkaitan dengan disiplin ilmu manajemen pemasaran.

EKM 70411Teori Manajemen Keuangan 3 sks

Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan strategik, baik operasional maupun manajerial dalam bidang keuangan. Topik-topik yang dibahas mencakup: kerangka dasar manajemen keuangan, aspek-aspek yang relevan dengan anggaran modal, analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, struktur modal, leasing dan kebijakan dividen.

EKO 89111Proposal 1 sks

Proposal disertasi baru dapat ditulis secara formal setelah mahasiswa lulus ujian kualifikasi dan Kolokium I. Topik proposal disertasi ditentukan berdasarkan konsentrasi yang dipilih oleh mahasiswa dengan persetujuan promotor utama dan pembantu. Penulisan proposal dibimbing minimal oleh seorang promotor utama dan seorang promotor pembantu yang telah disetujui oleh ketua Program Doktor. Setelah penulisan proposal dinyatakan selesai oleh promotor utama dan pembantu, mahasiswa menempuh tahapan berikutnya yaitu Kolokium II.

EKO 892111Disertasi 28 sks

Ujian disertasi dilakukan dalam rangka mengevaluasi pemahaman penguasaan, mahasiswa terhadap isi dari disertasi dan materi lain yang berkaitan dengan disertasi yang dibuat. Ujian disertasi dilakukan oleh sebuah panitia dengan Promotor sebagai ketua, Ko-Promotor sebagai anggota ditambah dengan 2 orang doktor dari bidang keahlian sejenis dan 1-2 orang doktor dari bidang keahlian lain. Anggota panitia penguji diutamakan orang yang menjadi panitia ujian kualifikasi kandidat doktor dan menghadiri seminar proposal, seminar kemajuan, dan seminar akhir hasil penelitian mahasiswa yang bersangkutan. Ujian disertasi hanya dapat dilakukan setelah mahasiswa memenuhi syarat persyaratan akademis dan administrasi sebagai calon kandidat doktor.

SKS

Ujian Kualifikasi merupakan ujian yang bersifat komprehensif yang mencakup penguasaan metodologi penelitian di bidang ilmunya, penguasaan materi di bidang ilmunya baik yang bersifat dasar maupun kekhususan, kemampuan penalaran termasuk kemampuan untuk mengadakan abstraksi, dan kemampuan sistemasi dan perumusan hasil pemikiran.

EKP 50107Ekonomi Mikro 3 sks

Target Utama dalam kuliah ini adalah menjelaskan dasar-dasar dan topik –topik yang berhubungan dengan teori mikro yang sudah mapan (traditional models), serta perkembangan terakhir (intermediate models) dengan alat analisis yang sederhana, yaitu kalkulus dan aljabar linier. Pembahasan diarahkan pada pendalaman analisis pilihan konsumen, teori perusahaan, struktur pasar, penetapan harga produk dan faktor produksi dalam berbagai struktur pasar game theory, perkembangan teori ekonomi mikro dan welfare economics.

EKP 50207Ekonomi Makro 3 sks

Mata kuliah ini diarahkan untuk mempelajari perkembangan baru dalam teori ekonomi makro. Penekanan kepada penggunaan model-model ekonomi dengan menggunakan pendekatan matematika ekonomi dalam mempelajari berbagai permasalahan ekonomi makro. Topik yang dibahas antara lain : model ekonomi konsumsi, pasar barang, uang, pasar tenaga kerja dan pertumbuhan.

EKP 50307Ekonomi Sumder Daya Manusia I 3 sks

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar ekonomi SDM serta sumber data skunder yang dapat digunakan untuk analisis ekonomi SDM, penerapan teori ekonomi mikro dalam analisis permintaan dan penawaran tenaga kerja dan pentingnya analisis pasar kerja dalam penyusunan kebijakan dibidang ketenagakerjaan

EKP 50407Ekonometrika 3 sks

Ilmu ekonometrika merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang membahas pengukuran-pengukuran variabel ekonomi. Dalam pembahasannya, ilmu ekonometrika menggunakan teori ekonomi, ekonomi matematika, statistik inferen, dan data ekonomi. Diharapkan, ilmu-ilmu yang berkaitan tersebut mampu : (1). memodifikasi, memperbaiki, atau menolak kesimpulan pada ilmu ekonomi; dan (2). memberikan tanda, besaran dan pernyataan tingkat keyakinan dalam hubungan ekonomi, sehingga informasi-informasi dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat dan memilih keputusan-keputusan. Materi yang dibahas dalam mata pelajaran ini mencakup : (a) pengertian ilmu ekonometrika dan hubungannya dengan ilmu ekonomi lain seperti ekonomi matematika dan statistika inferen; (b). model-model regresi linier, dengan

asumsi dasar dan tidak dengan asumsi dasar; (c). model-model regresi sederhana dan kompleks; (d) seleksi model; dan (e). model dinamis.

EKP 60407Ekonomi Regional 3 sks

Mata kuliah ini membahas aspek spasial dalam analisis ekonomi, baik secara teoritis maupun penerapannya. Materi yang diabahas mencakup; berbagai teori lokasi, analisis input-output, konsep dan struktur wilayah, penerapan teori ekonomi regional dalam perencanaan pembangunan daerah.

EKP 60807Ekonomi Industri 3 sks

Membahas ekonomi industri secara makro, yaitu pemahaman mengenai ekonomi industri dalam konteks perencanaan kebijakan pembangunan. Aspek yang dibahas antara lain; organisasi industri yang mencakup struktur, perilaku dan kinerja industri, industri dalam konstelasi perubahan global, aplikasi ekonomi industri dan kebijakannya dalam pembangunan.

EKM 50207Manajemen Sumber Daya Manusia 3 sks

Menjajagi berbagai teori serta praktek administrasi sumber daya manusia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengaitkan dengan kondisi eksternal. Penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran sumber daya manusia dengan pembahasan fungsional operasi manajemen sumber daya manusia pada masalah rekruitmen, retensi, faktor insentif dan perencanaan serta pengembangan sumber daya manusia.

EKM 50307Manajemen Pemasaran 3 sks

Strategi pemasaran meliputi perencanaan produk, penetapan harga, saluran distribusi dan penelitian pasar, faktor distribusi, meliputi struktur dan pelaksanaan distribusi; manajemen penjualan, meliputi organisasi penjualan, strategi personal selling, seni menjual, analisis konsumen dan penelitian pasar, mencakup metode penelitian pasar dan penggunaan hasil penelitian pasar; pembelian, meliputi perencanaan dan proses pembelian; studi kasus.

EKM 50407Manajemen Keuangan 3 sks

Membahas konsep dan kontroversi dari biaya modal, penentuan struktur modal, dividen dan nilai perusahaan, permintaan perusahaan bagi alokasi modal dan pasar modal.

EKM 60207Manajemen Strategik 3 sks

Setiap perubahan atau organisasi memerlukan arahan dasar yang menyeluruh dalam kehidupan perusahaan. Arahan dasar ini harus dirumuskan dam dilaksanakan sebagai pedoman. Arahan dasar ini selanjutnya akan menjandi pengikat semua kegiatan perusahaan. Perumusan dan pelaksanaan arahan dari ini di bahas dalam mata kuliah manajemen strategik. Pembahasan mencakup analisis terhadap faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perumusan, implementasi strategi perusahaan atau organisasi. Selanjutnya, dibahas proses monitoring dan evaluasi strategi.